Tips Untuk Membuat Foto Instagramable

Tips Untuk Membuat Foto Instagramable

Kebanyakan orang saat ini sulit untuk terlepas dari media sosial. Salah satu media sosial populer yang banyak digunakan oleh masyarakat adalah Instagram. Media sosial yang satu ini memungkinkan penggunanya untuk memposting berbagai foto.

Saat ini, pengguna instagram semakin kreatif. Konten instagram tak hanya foto-foto yang diambil asal. Kita akan banyak menemukan foto dengan kualitas bagus dan menarik. Kepedulian pengguna instagram untuk menciptakan feed yang rapi dan berkonsep juga makin tinggi. Misalnya, salah satu pengguna memfokuskan feed-nya pada foto-foto panorama alam. Pengguna lainnya memfokuskan feed pada makanan, dan lain sebagainya. Jika Anda tertarik untuk membuat konten instagram menjadi lebih berkualitas, maka salah satu caranya adalah dengan belajar memotret foto yang instagramable. Kini, tak harus menggunakan kamera canggih. Kamera smartphone pun cukup mumpuni untuk menjepret foto berkualitas asalkan tau bagaimana trik atau unsur-unsur pendukungnya.

Oleh karena itu, kali ini akan dibahas tentang tips untuk membuat foto instagramable.

rule of third

Perhatikan arah datangnya cahaya. Saat mengambil foto objek, hindari menghadapkan kamera ke arah datangnya cahaya karena hal tersebut dapat membuat foto yang Anda hasilkan menangkap cahaya yang berlebih. Untuk beberapa smaprtphone, ada fitur untuk mengatur pencahayaan seperti ISO, maka saat santai coba-cobalah untuk mengotak-atik pengaturannya dan temukan trik bagaimana menggunakan fitur tersebut dengan maksimal.

Selanjutnya, selain pencahayaan perhatikan sudut pengambilan gambar atau angle. Sudut pengambilan gambar akan sangat berpengaruh pada hasil foto. Objek apapun yang Anda ambil, misalnya orang, pemandangan alam, atau benda diam, sangat penting untuk memperhatikan angle. Anda bisa mencoba beberapa angle untuk menemukan angle terbaik.

Lalu, perhatikan juga komposisi. Sederhananya, perhatikan apa saja yang tertangkap oleh kamera atau yang masuk dalam frame. Pastikan objek menjadi fokus pengambilan foto kemudian berikan sentuhan dengan mengisi ruang frame kosong dengan sesuatu. Penempatan objek utama juga harus diperhatikan.

Anda bisa menerapkan rule of third atau aturan sepertiga. Bentuk rule of third membagi frame layar menjadi 9 kotak dengan 2 garis vertikal dan 2 garis horisontal yang sejajar. Dalam rule of third, posisi objek utama atau point of interest harus diletakan di tiga titik persinggungan antara garis vertikal dan horisontal. Menurut prinsip ini, dengan meletakkan point of interest di titik-titik tersebut, maka akan menghasilkan komposisi yang menarik.

Tips berikutnya yaitu hindari penggunaan fitur zoom in dan zoom out karena akan mengurangi kualitas foto. Jika memang perlu untuk mengambil gambar secara dekat demi komposisi yang pas, maka mendekatlah kepada objek. Sebaliknya jika perlu untuk mengambil foto dari jauh, maka berjalanlah menjauh dari foto. Ingat! Tanpa menggunakan zoom.

Tips yang juga tak boleh dilupakan adalah tentang background foto. Background adalah salah satu unsur penting dalam sebuah foto. Perhatikan apa yang menjadi backgroun foto Anda. Misalnya akan mengambil gambar makanan, maka perhatikan bakcground seperti meja yang digunakan untuk meletakkan makanan. Atau saat hendak mengambil gambar orang, maka perhatikan lingkungan sekitar, apa yang tertangkap pada kamera Anda. Jangan sampai foto bocor. Istilah foto bocor sering digunakan dalam dunia fotografi, misalnya saat Anda berfoto di sebuah restaurant, ternyata dalam hasil foto ada tangan seseorang yang tertangkap kamera. Tentu hal tersebut akan mengganggu hasil jepretan.

Itulah beberapa tips untuk membuat foto yang instagramable. Tentu, faktor lokasi pengambilan gambar juga bisa mempengaruhi, meski tidak selalu demikian.

Spread the love