Persiapan Sebelum Melakukan Travelling Photography

Persiapan Sebelum Melakukan Travelling Photography

Nampaknya, kegiatan travelling saat ini sulit dipisahkan dengan kegiatan fotografi. Setiap orang yang melakukan travelling atau berwisata pasti menyempatkan waktu untuk berfoto. Bahkan mungkin menyediakan banyak waktu untuk mendapatkan foto terbaik.

Persiapan Dalam Melakukan Travelling Photography

Setiap spot digunakan untuk berfoto, kamera pun disiapkan dengan matang baik kamera digital maupun sekedar kamera smartphone. Selanjutnya foto-foto bagus tersebut bisa bermuara di media sosial atau sekedar untuk simpanan saja. Sebenarnya, sebelum maraknya kegiatan travelling, sebelum berbagai tempat wisata banyak bermunculan, kegiatan travelling photography sudah lebih dulu dikenal. Para travel photograper sengaja melakukan perjalanan demi menciptakan karya foto yang menarik dan berkualitas. Bahkan, ada photograper profesional yang memang mengkhususkan diri menjadi travelling photograper. Tentu persiapan mereka tak sekedar kamera saja. Demi mendapatkan karya terbaik, berbagai persiapan dilakukan. Seperti apa persiapannya? Meski Anda bukan photograper profesional, namun menerapkan persiapan yang dilakukan oleh photograper profesional bisa menjadi hal yang menguntungkan. Jadi, sebelum melakukan travelling atau berwisata, lakukan berbagai persiapan travelling photography.

Persiapan Dalam Melakukan Travelling Photography

Pertama, pastinya Anda harus menentukan destinasi wisata yang hendak dikunjungi. Pemilihan destinasi wisata adalah langkah pertama yang penting dan berpengaruh pada persiapan selanjutnya. Jika destinasi wisata sudah ditentukan, maka lanjutkan dengan melakukan riset kecil-kecilan terhadap destinasi tujuan Anda. Tentu saat proses menentukan destinasi, Anda juga sudah mendapatkan beberapa informasi. Kemudian berbekal informasi tersebut Anda bisa memilih salah satu atau beberapa destinasi. Namun, dalam tahap riset, Anda perlu untuk memperdalam informasi yang sebelumnya sudah Anda dapatkan. Kenapa perlu dilakukan riset? Hal tersebut dilakukan agar kegiatan travelling photography jadi lebih efektif. ketika Anda sudah memahami bagaimana seluk-beluk tempat wisata, maka akan semakin mudah untuk mengeksplorasinya menjadi sebuah jepretan berkualitas. Dengan hasil riset, Anda jadi tahu spot mana saja dari tempat wisata yang harus Anda jepret. Tanpa riset lebih dulu, bisa jadi di lapangan Anda akan kebingungan dan hanya buang-buang waktu. Jika waktu travelling terbatas untuk mengeksplorasi seluruh lokasi tempat wisata, maka Anda pun bisa membuat prioritas. Mana spot yang perlu untuk diutamakan.

Konsep Dalam Travelling Photography

Selanjutnya, hasil riset pun bisa Anda jadikan sebagai bekal membuat konsep travelling photography yang hendak Anda usung. Konsep travelling photography, terutama harus dibuat saat Anda memang berniat untuk menjadikannya sebuah karya story photography. Namun, membuat konsep juga bisa menjadikan hasil jepretan Anda lebih berkualitas. Mungkin persiapan bisa sampai sejauh perkiraan angle seperti apa yang akan digunakan, dan sebagainya. Nah, selain persiapan travelling photography menyangkut hasil foto melalui riset, Anda pun bisa sekaligus melakukan riset kecil-kecilan terhadap masyarakat sekitar. Misalnya saat Anda hendak mengunjungi kampung wisata. Dengan lebih memahami masyarakat sekitar, maka nantinya akan lebih memudahkan Anda saat melakukan travelling photography.

Persiapan terakhir dan yang juga tak kalah penting adalah menyiapkan akomodasi dan kebutuhan pribadi Anda. Kamera sudah tentu harus disiapkan segala sesuatunya, seperti lensa, baterai, tas, dan sebagainya. Namun, jangan sampai karena terlalu sibuk menyiapkan kamera, Anda jadi lupa kebutuhan diri Anda sendiri. Perlu ditekankan bahwa dalam melakukan kegiatan travelling photography, usahakan untuk membawa barang-barang yang diperlukan. Berbagai barang keperluan harus terpenuhi, namun juga jangan sampai berlebihan. Lakukan packing sesimple mungkin karena yang akan Anda lakukan adalah travelling photography, bukan hanya sekedar liburan. Tentu mobilitas akan lebih tinggi, oleh karena itu barang-barang yang berlebihan hanya akan mengganggu kenyamanan perjalanan saja. Gunakan ransel untuk membawa segala kebutuhan. Jangan lupa pikirkan bagaimana Anda melakukan perjalanan atau akan menggunakan kendaraan apa.

Spread the love