Perkembangan dan Sejarah Fotografi

perkembangan dan sejarah fotografi

Setiap jenis seni tent memiliki daya tarik masing masing dimata para pengemarnya. Salah satu jenis seni yang saat ini banyak dilakukan oleh orang orang adalah seni fotografi. Kara foto yang memiliki arti cahaya dan kata grafi yang memiliki arti gambar atau menggambar adalah dua kata yang bisa menjelasakan apa itu arti fotografi. Jika kdua kata tersebut digabungkan maka fotografi merupaka kegiatan seni mengambil atau membuat gambar dengan memanfaatkan cahaya. Bagi anda yang sudah berpengalaman dalam dunia otografi tentu menyadari ada banyak sekali faktor dalam fotografi yang bisa mempengaruhi kualitas hasil gambar yang akan dihasilkan. Tidak hanya itu saja, di rera digital seperti sekarang ini, semakin memudahkan bari para fotografer dalam mengedit foto yang dihasilkan supaya bisa tampil lebih menarik. Yang terpenting dalam mengedif foto atau gambar tersebut adalah tidak mengubah gamebar aslinya atau tidak membuang originalitasnya.

Tidak sampai di situ saja, perkembangan dunia fotografi ternyata uga sangat menarik untuk anda ketahui. Jauh pada tahun 1614, Anggelo sala telah melakukan berbagai penelitaian yang menggunakan perak nitrat yang dibungkus dalam sebuah kerta. Ternyataperak nitrat tersebut bereaksi terhadap sinar matahari dan bisa menghasilkan semacam tinta yang membekas pada kertaas tersebut. Sebenarnya konsep pengambilan gamebar menggunakna cahaya ini sudah ditemukan oleh Mo Ti pada tahun 5 SM. Ketika itu, Mo Ti menyadari sebuah gejala yang terdapat pada sebuah lubang kecil di dinding, bagian dalam ruangan ternyata merefleksikan kondisi yang terjadi di luar ruangan. Konsep inilah yang kemudaian digunakan dalam pembuatan kamera yang berperan pentin dalam dunia fotografi.

Setelah beberapa era fotografi yang sudah dijelaksan di atas, akhiranya pada tahun 1824 seorang warga negara perancis bernama Nicephore Niepce berhasil membuat sebuah foto hitam putih permanen meskipun gambarnya masih sangat kabur. Beberapa tahun kemudian, pada tahun 1839 Dagurre yang juga merupakan warga negara perancis berhasil membuat sebuah foto permanen dengan kualitas yang lebih tinggi dibandingkan dengan karya Nicephore. Memasuki abad ke 19, perkembangan fotografi terutama pada alat atau kamera terjadi semakin pesat.

Tepatnya pada tahun 1950, penggunaan prisma dilakukan pada kamera Single Lens Reflek atau yang lebih dikenal dengan nama SLR untuk memudahkan proses pembidikan gambar. Kemudian di tahun yang sama pula ditemukan kamera polaroid oleh Edwin Land yang mempu menghasilkan gambar tanpa memerlukan proses pencetakan film. Proses pencetakan film sendiri sebelumnya dikembangakan oleh perusahaan Kodak secara sistematis. Saat itu Kodak mengembangkan beberapa hal sekaligus seperti, kotak foto, roll film hingga kertas foto yang digunakan. Memasuki era modern seperti sekarng ini, perkembangan kamera dalam dunia fotografi sangat luar biasa.

Saat ini dengan menggunakan kamera yang berukuran sebesar tangan saja anda sudah bisa menghasilkan gambar yang luar biasa tajamnya. Perkembangan fotografi seperti yang dijelaskan di atas memang didasari dari perkembangan kamera. Saat ini perkembangan dunia fotografi tidak hanya menitikberatkan pada sisi kamera atau alat yang digunakan saja namun juga meliputi teknik pengambilan gambar dan juga jenis atau objek yang digunakan. Demikianlah beberapa informasi dan penjelasan singkat mengenai sejarah perkembangan fotografi yang bisa anda simak. Anda yang tertarik dengan dunia fotografi, anda bisa mempelajarinya dengan mudah seperti melalu internet atau berbagai macam tutorial. Semoga informasi yang sudah dibagikan di atas bisa bermanfaat untuk anda.

Spread the love