Penggunaan Berbagai Macam Jenis Lensa Dalam Fotografi

Penggunaan Berbagai Macam Jenis Lensa Dalam Fotografi

Fotografi bisa dikatakan sebagai sebuah seni pembuatan gambar yang memanfaatkan cahaya. Tentu adanya seni fotografi ini berasal dari penemuan kamera. Perkembangan kamera sebagai alat yang digunakan untuk melakukan fotografi saat ini sangatlah pesat. Dengan kemajuan teknologi seperti sekarang ini, anda bisa menghasilkan gambar atau foto dengan kualitas yang sangt tnggi hanya menggunakan kamera yang berukuran sangat kecil.

Tidak hanya kamera saja, lensa juga berperan besar dalam dunia fotografi. Berbagai macam jenis dan desain lensa dibuat untuk tujuan yang berbeda beda. Penggunaan lensa atau prisma ini biasanya diterapkan pada kamera DSLR atau yang sebelumnya kamera SLR (Single Lens Reflek). Pada awalnya pengginaan lensa ini ditujukan untuk memermuah fotografer dalam membidik atau memilih waktu yang tepat dalam membuat sebuah foto.

Namun seiring perkembangan zaman, jenis lensa ini semakin beragam dan masing masing juga memiliki kegunaannya tersendiri. Anda yang tetarik dengan jenis jenis lensa tersebut, anda bisa menyimak penjelasan pada paragraf selanjutnya. Sebelum membahas hal tersebut, ada baiknya pula anda menyimak pengertian mengenai fotografi. Kata fotografi terdiri dari dua kata yaitu kata photos dan grafo. Kata photos memiliki arti cahaya atau sinar dan kata grafo memiliki arti melukis atau membuat gambar.

Seperti yang dikatakan sebelumnya, fotografi adalah proses atau seni melukis atau membuat gambar yang memanfaatkan bantuan cahaya. Tanpa adanya cahaya ini, tidak mungkin ada foto yang bisa dihasilkan. Penggunaan serta pengaturan cahaya ketika seseorang mengambil foto ternyata juga sangat berbengaruh pada foto yang dihasilkan.

Terlepas dari itu, berikut ini beberapa jenis lensa yang umum diguakan pada kegiatan fotografi.

Lensa yang pertama tentu adalah lensa standar atau standard lens. Lensa ini terdapat pada semua jenis kamera DSLR karena memang penggunaanya yang sudah menjadi standar. Untuk fungsi lensa yang satu ini juga sangat standar.

Jenis lensa yang kedua adalah lensa wide angel. Jika anda ingin menhasilkan foto dengan sudt yang lebar, maka sangat tepat jika anda memilih untuk menggunakan lensa yang satu ini. Lensa ini bisa anda manfaatkan untuk mengambil foto pada ruang yang terbatas.

Jenis lensa yang ketiga dan yang tidak kalah menarik adalah lensa zoom. Seperti namanya, lensa zoom berguna untuk melakukan zoom atau pembesaran gambar. Mungkin anda bertanya kenapa harus menggunakan lensa zoom, padahal dengan lensa biasa atau standar saja sudah bisa melakukan zoom. Lensa zoom ini memang sengaja didesain untuk melakukan pemotretan dari jarak jauh, sehingga gambar yang dihasilakn pun juga akan sangat berkualitas meskipun jarak objek dengan fotografer cukup jauh.

Selain jenis jenis lensa di atas, masih ada beberapa jenis lensa yang sayang untuk anda lewatkan. Jenis lensa yang keempat adalah lensa long fokus. Jika anda akan bekerja melakukan pemotretan dengan objek yang sangat jauh seperti pada pertandingan sepak bola, lensa yang satu ini sangat tepat untuk anda pilih. Anda bisa mengambil gambar dari jarang yang jauh dengan lensa yang satu ini. Lensa ini memiliki ukuran yang cukup panjang dan berat yang lumayan sehingga lensa yang satu ini digunakan dengan shutter speed yang sangat tepat untuk menghindari kerusakan gambar akibat gerakan kamera.

Demikianlah beberapa jenis lensa yang bisa anda temukan pada seni atau kegiatan fotografi. Semoga informasi tersebut bisa bermanfaat untuk anda.

Spread the love