Mengenal Seni Fotografi

mengenal seni fotografi

Fotografi secara literal berarti mendokumentasikan objek menggunakan media kamera. Seiring dengan berjalanya waktu, fotografi tidak hanya dokumentasi, Namun juga dianggap sebagai seni. Hal ini dikarenakan saat pengambilan gambar fotografer menggunakan rasa yang dicurahkan ke dalam nya. Tidak hanya itu dalam proses pengambilan gambar seperti halnya pelukis yang sedang melukis ada banyak teknik dan cara yang diaplikasikan dan diterapkan. Seni fotografi tentu saja berbeda dengan dokumentasi biasa yang di ambil tanpa perencanaan tanpa pemikiran-pemikiran lebih mendalam sebelumnya. Berbeda dengan fotografi sebagai seni atau Art Photography, dimana sebuah gambar diambil melalui berbagai perencanaan dan pengamatan terhadap objek objek yang akan diambil. Dalam seni fotografi ada banyak sekali unsur yang dipertimbangkan secara matang sebelum kemudian memutuskan untuk mengambil gambar dari suatu objek. Di Indonesia sendiri seni fotografi mulai banyak diminati. Bahkan sudah ada beberapa komunitas yang mendalami seni ini dan beberapa di antaranya sudah menggelar pameran hasil karya – karyanya. Sejak dahulu tepatnya pada abad ke – 18 di Indonesia seni fotografi telah berkembang salah satu Buktinya adalah ditemukannya foto-foto yang bernafaskan seni dengan komposisi seperti lighting dan teknik pengambilan yang jelas sekali terlihat sangat diperhitungkan.

Fotografi sebagai seni merupakan salah satu cabang seni rupa yang modern. Meskipun di sisi lain seni fotografi juga memiliki kontribusi besar pada dunia jurnalistik. Di dalam dunia fotografi Sebagai karya seni terdapat kategori foto seni. Kategori foto seni juga biasa disebut dengan fine art. Fotografi dalam kategori ini memiliki ciri khas yaitu menonjolkan Sisi estetika atau keindahan dari objek yang diambil. Banyak komposisi atau unsur-unsur yang perlu diperhatikan dalam pengambilan foto seperti nada warna, penyiaran yang dramatis dan komposisi lain yang mampu menonjolkan dan mampu mengeksploitasi Sisi estetika dari suatu objek secara maksimal. Di era modern seperti sekarang ini kategori foto seni seperti ini banyak diterapkan oleh para selebgram dalam mengambil foto yang akan diunggah ke Instagramnya. Hal ini dapat diketahui dari postingan postingan foto yang diunggah yang memiliki nilai estetika yang tinggi dan cenderung memiliki warna tone yang sama maupun tema yang Senada. Dengan banyaknya pengguna akun sosial media bernama Instagram sekarang ini seni fotografi menjadi salah satu cabang seni yang paling diminati karena banyak orang dapat memposting Karya seninya melalui media sosial yang satu ini. Pengekspresian dari seni fotografi dapat dilihat dari berbagai akun pecinta fotografi di media sosial tersebut.

Membuat foto Seni merupakan bagian dari fotografi di mana seseorang harus merencanakan berbagai konsep dan tema dari foto yang akan diambil seperti objek, lighting, komposisi warna, tema yang akan diangkat dan lain sebagainya. Semua unsur dalam foto tersebut direncanakan secara matang dan sungguh-sungguh. Hal ini membuktikan bahwa Art Photography merupakan salah satu cabang seni rupa yang dalam pembuatannya memiliki tingkat kerumitan yang sama dengan cabang seni rupa lainnya. Begitu juga dengan hasil dari art fotografi ini. Seperti halnya seni rupa yang memiliki nilai estetika dan juga nilai komersial, hasil karya seni dari fotografi juga memiliki nilai-nilai tersebut. Di Indonesia sudah ada beberapa fotografer yang mendalami seni fotografi dan telah berhasil melakukan beberapa pameran di mana Karya seninya dijual dengan nilai yang sangat menjanjikan.

Spread the love

One thought on “Mengenal Seni Fotografi”

  1. Chandra Lie says:

    memang benar dasar dari setiap hal harus dipelajari dengan seksama baru bisa lanjut ke tahap selanjutnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *