Macam Macam Teknik Komposisi dalam Fotografi

Macam Macam Teknik Komposisi dalam Fotografi

Banyak hal menarik jika berbicara mengenai fotografi. Mulai dari awal mula dan sejarah fotografi, perkembangan dari alat alat fotografi, macam macam genre atau aliran yang ada dalam fotografi dan alin sebagainya. Satu lagi hal menarik dari dunia fotografi yang akan dibahas pada kesempatan kali ini adalah macam macam komposisi fotografi. Sebelum membahashal tersebut, akan lebih baik jika anda menyimak penjelasan dari arti kata fotografi itu sendiri.

Mungkin anda sudah sering melakukan kegiatan fotografi namun belum mengetahui apa arti fotografi yang sebenarnya. Kata fotografi terdiri dari dua kata yaitu foto dan grafi atau grafis. Kata foto tentu memiliki arti sebagai cahaya. Cahaya ini dimanfaatkan untuk menghasilkan foto dan jika tidak ada cahaya ma tidak ada satu foto atau gambar pun yang bisa dibuat. Sedang kan kata grafi atai grafos sendiri memiliki arti melukis atau menggambar. Jadi bisa dikatakan fotografi adalah kegiatan menggambar yang memanfaatkan bantuan cahaya. Untuk bisa melakukannya tentu diperlukan yang namany kamera.

Saat ini anda bisa memilih berbagai macam kamera dengan berbagai macam lensa pula. Macam macam kamera dan lensa tersebut masing masing memiliki fungsi dan kegunaan yang berbeda beda. Tidak hanya itu saja, peran fotografer dalam menentukan komposisi foto juga sangat berperan penting dalam menghasilkan sebuah foto. Saat ini foto atau gambar sudah menjadi salah satu media komunikasi. Setiap foto yang dihasilkan memilki kesan tersendiri dan masing masing juga bisa menghasilkan nilai seni yang tinggi.

Berikut ini beberapa contoh atau macam macam komposisi yang bisa anda gunakan dalam fotografi.

  • Komposisi yang pertama dan yang paling umum digunakan adalah komposisi balance atau seimbang. Tentu komposisi ini digunakan untuk menghasilkan gambar yang seimbang. Biasanya objek fotografi yang berupa benda mati menggunakan komposisi balance ini. Penggunaan komposisi yang satu ini juga sangat tepat jika dikombinasikan dengan komposisi golden ratio dan rule of thrids. Komposisi golden ratio sendiri adalah teknik pembagain frame foto yang anda ambil menjadi beberapa bagian dengan perbandingan 1:1.6. Komposisi yang satu ini juga sudah terkenal dan banyak digunakan para fotografer terkenal jika anda mengamatinya.
  • Selanjutnya adalah komposisi rule of thirds. Selain terkenal dan bayak digunakan, komposisi yang satu ini juga sangat mudah untuk dilakukan. Anda hanya tinggal membagi frame anda menjadi tiga bagian. Selanjutnya anda hanya tinggal meletakan objek utama diantaran bagian pertama dan kedua atau bagian kedua dan ketiga.
  • Selain beberapa komposisi di atas, masih ada dua jenis komposisi lain yang perlu anda simak. Komposisi yang selanjunya adalah kompiosisi dengan teknik leading lines. Teknik yang satu ini hanya digunakan objek yang memiliki garis saja. Garis leading tersebut berguna untuk memberikan panduan pada penikmat foto untuk menunjutkan dima objek utamanya.
  • Teknik terakhir yang digunakan untuk menentukan komposisi dalam fotgrafer adalah teknik lighting. Ada beberapa teknik lighting yang bisa anda gunakan seperti backlighting, sidelighting dan floor lighting. Masing masing teknik tersbut akan menghasilkan hasil dan efek yang berbeda beda tergantung dari kesat atau pesan yang ingin anda sampaikan dalam gampar tertentu. Penempatan sumber cahaya yang tepat juga sangat diperlukan untuk memaksimalkan hasil foto yang anda ambil.

Demikianlah beberapa informasi mengenai komposisi yang sering diunakan dalam dunia fotografi. Semoga bermanfaat.

Spread the love