Macam Macam Aliran dalam Dunia Fotografi

macam macam aliran dalam dunia fotografi

Pengertian secara singkat dari fotografi adalah seni mengambil gambar atau foto. Kata fotografi sendiri sebenarnya berasal dari bahasa Yunani. Kata fotografi terdiri dari dua kata yaitu kata photos dan grafos. Kata photos memiliki arti cahaya sedangkan kata grafos berarti menggambar atau melukis. Berdasarakan penjelasan tersbeut bisa dikataka, fotografi adalah seni membuat gambar menggunakan bantuan cahaya. Tentu tanpa adanya cahaya, tidak akan ada gambaryang bisa dibuat. Tidak hanya itu saja, perkembangan zaman yang semakin maju membuat semakin banyak alat dan bahan yang bisa digunakan untuk melakukan fotgrafi. Tidak hanyasebatas sarana dan prasarana saja, seni fotografi telah berkembang lebih jauh lagi jika dilihat dari isinya. Maksud penjelasan tersebut adalah, saat ini terdapatberbagai macam aliran atau genre dalam dunia fotografi. Aliran atau genre dalam dunia fotografi tersebut juga akan terus berkembang seiring dengan perkembangan zaman. Salah satu alat yang paling umum digunakan untuk aktifitas fotografi saat ini adalah kamera. Perkembanga kamera dari zaman ke zaman ini juga snagat menarik untuk diperhatikan. Jika pada awal tahun 2000 an, masih banyak kamera yang menggunakan film untuk media penyimpanan gambar yang dihasilakn. Saat ini kamera digital sudah menjadi pilihan pertama dalam melakukan fotografi. Kualitas kamera digital saat ini bahkan sangat luar biasa dan bisa menghasilkan gambar dengan resolusi yang sangat tinggi. Selian itu, menggunakan kamera digital juga dirasa lebih mudah bagi para pelaku fotografi dalam memindahkan hasil karnyanya. Embali pada pokok bahasan mengenai macam macam aliran yang ada di dalam dunia fotografi. Apa saja aliran dalam dunia fotografi tersebut, anda bisa menyimak penjelasan pada paragraf di bawah ini.

BACA : Teknik Fotografi Selfie Yang Mudah Bagi Setiap Orang

Berkut akan disebutkan beberapa macam aliran yang ada di dalam dunia fotografi beserta dengan sedikit penjelasannya. Aliran yang pertama yang juga sangat umum ditemui adalah toys photography. Seperti namanya, aliran fotografi yang satu ini menggunakan berbagai macam mainan sebagai objek utamanya. Mainan yang digunakan biasanya merupakan action figur. Proses fotografi yang satu ini juga bisa menambahkan efek efek visual untuk membuat kesan seolah olah mainan tersbeut hidup. Aliran yang kedua dan yang cukup hits selanjutnya adalah food photography. Anda yang suka memfoto makanan anda sebelum makan, sebenarnya anda sudah mempraktekan yang namanya foor photography ini. Tidak hanya dilakukan oleh fotografer profesional saja, food photography ini juga sudah banyak dilkaukan orang orang awam seperti yang bisa anda temukan di berbagai macam media sosial. Bagi para fotografer profesional, memfoto sebuah objek yang berupa maknan menjadi tantangan tersendiri. Aliran fotografi yang ketiga adalah landscape photography. Aliran fotografi yang satu ini lebih fokus dalam mengabadikan gambar atau foto foto pemandangan seperti perkotan atau bahkan pemandangan alam. Salah satu contoh fotografi jenis ini adlah yang digunkan pada kartu pos, kalender dan sejenisnya.

Selain beberapa macam aliran dalam dunia fotografi yang sudah dijelaskan di atas, sebenarnya masiha da banyak lagi macam amcam aliran yang menarik untuk anda simak. Masing masing aliran dalam dunia fotografi tersebut ternyata juga memiliki karakteristik serta kelebihan dan ekurangan masing masing. Salah satu yang paling jelas adalah proses pengambilan gambar. Sebagai contohnya ketika anda melakukan food photograph tentu akan lebih mudah dibandingkan dengan ladscape photograph. Demikian sedikit informasi yang bisa anda simak dan semoga bermanfaat.

Spread the love