Konsep dan Teknik Fotografi Dalam Ruangan

Konsep dan Teknik Fotografi Dalam Ruangan

Seperti yang anda ketahui, fotografi saat ini merupakan salah satu media komunikasi yang unik dan indah. Setiap jenis gambar atau foto yang dihasilkan tentu memiliki pesan dan kesan tersendiri yang ingin disampaikan sang fotografer melalui gambar tersebut.

Banyak hal yang bisa menimbulkan pesan ataupun kesan tersendiri dalam fotografi. Penggunaan teknik dan konsep yang tepat adalah perpaduan sempurna dalam menyampaikan pesan melalui sebuah gambar. Pemilihan konsep dan penggunaan teknik ini harus disesuaikan dengan situasi dan kondisi ketika anda akan melakukan pengabilan gambar. Sebenarnya ada banyak sekali konsep dan teknik fotografi yang ada di dunia ini. Pada kesempatan kali ini kan dibagikan beberapa teknis dan konsep fotografi yang tepat jika anda gunakan dalam pemotretan indoor terutama jika anda bekerja menggunakan seorang model. Pembahasan pertama akan menjelaskan mengenai konsep fotografi indoor terlebih dahulu.

Ada beberapa konsep umum dalam pemotretan model indoor yang mungkin bisa anda jadikan sebagai referensi.

  • Konsep yang pertama adalah konsep sweet memories. Menggunakan konsep ini tentu anda bisa menyampaikan pesan pesan manis yang terjadi di masa lalu. Konsep selanjutnya adalah konsep gothic. Konsep yang satu ini bisa anda lakukan dengan pemilihan warna yang dominan hitam atau gelap. Kesan seram atau pemberani bisa saja anda hasilkan menggunakan konsep yang satu ini.
  • Selain itu konsep mood dan vintage merupakan jenis konsep lain yang bisa anda pilih. Konsep yang satu ini hampir saja dengan konsep yang pertama yaitu sweet memories. Bedanya, konsep mood dan vontage ini lebih menonjolkan sisi model sehingga penikmat foto anda akan lebih terfokus pada odel daripada mengingat kenangan yang terjadi di masa lalui.

Selain beberapa konsep yang bisa anda gunakan di atas, ada beberapa teknik fotografi yang harus anda perhatikan untuk bisa menimbulkan kesan yang ingin anda sampaikan kepada para penikmat foto.

Berikut ini beberapa tenik fotografi lain yang perlu anda perhatikan dalam pembuatan gambar atau foto indoor menggunakan seorang model.

  • Teknik lain yang perlu anda perhatikan adalah warna. Warna sendiri merupakan salah satu struktur yang paling penting dalam sebuah gambar atau foto. Tentukan warna apa saja yang akan anda gunakan dalam frame. Kemudian warna tersebut juga harus anda sesuaikan dengan konsep yang akan anda gunakan. Pastikan juga anda memilih warna yang tepat untuk pakaian modal anda.
  • Teknik selanjutnya dilihat dari sisi model yaitu penggunaan make up. Penggunaan make up ini sangat penting supaya foti anda terlihat alami atau natural. Penggunaan make up yang berlebihan pada konsep vintage tentu akan menghasilkan foto yang kurang baik. Akibatnya, pesan yang ingin anda sampaikan pun juga tidak akan dipahami para penikmat foto anda.
  • Teknik lain yang perlu anda perhatikan dalam pengambilan gambar atau fotografi indoor menggunakn seorang model adalah lighting. Ada beberapa jenis lighting yang bisa anda gunakan tergantung dari konsep yang ingin anda gunakan. Beberapa teknik lighting diantaranya seperti backlighting, sidelighting dan floorllinghting.
  • Selain itu masih ada beberapa teknik lain yang juga penting untuk anda perhatikan seperti pose model, props dan latar atau background. Masing masing teknik tersebut harus anda sesuaikan dengan pesan yang ingin anda sampaikan. Supaya lebih jelas, anda bisa melihat lihat hasil pemotretan model di dalam ruangan sebagai referensi. Semoga informasi ini bermanfaat untuk anda.
Spread the love