Ketahui Jenis-Jenis Fotografi Agar Jepretan Makin Berkualitas

Ketahui Jenis-Jenis Fotografi Agar Jepretan Makin Berkualitas

Tahukah Anda bahwa fotografi ada berbagai jenis? Jika Anda melihat foto pemandangan, maka foto tersebut memiliki nama atau masuk dalam jenis fotografi tertentu. Begitu juga foto manusia, dan lain sebagainya.

Ketahui Jenis Fotografi Agar Jepretan Semakin Bagus

Mengetahui jenis-jenis fotografi merupakan hal dasar dalam mempelajari fotografi. Maka, akan sangat bermanfaat bagi kita untuk mengetahuinya walaupun tak ingin jadi fotografer. Apalagi saat ini kegiatan fotografi sudah menjadi kegiatan hampir semua orang, meskipun tak secara profesional. Semakin banyaknya tempat wisata dan adanya media untuk berbagi foto seperti media sosial, maka menjadikan semua orang bak fotografer. Setiap orang semakin gemar mengabadikan setiap moment.

Ketahui Jenis Fotografi Agar Jepretan Semakin Bagus

Maka, agar kegiatan foto-foto lebih berkualitas, salah satunya dengan menambah pengetahuan tentang jenis-jenis fotografi, menerapkannya dalam setiap jepretan juga akan jadi hal yang lebih baik.

Pertama, seperti pada awal artikel ini disinggung yaitu tentang foto pemandangan. Foto pemandangan seperti sawah, pegunungan, taman bunga, pantai, bukit, dan sebagainya tergolong dalam jenis fotografi landscape.

Selanjutnya yaitu foto manusia. Foto manusia bisa saja masuk dalam jenis fotografi potrait atau human interest. Jika foto manusia yang ada dalam foto lebih menunjukkan karakteristik dan kepribadian seseorang, maka itu adalah fotografi potrait. Dalam fotografi potrait yang berkualitas, dapat tertangkap ekspresi, mimik, kepribadian, hingga suasana hati sehingga foto menujukkan kesan yang kuat akan seseorang dalam bingkai.

Sedangkan fotografi human interest lebih menonjolkan sisi kehidupan, manusia dalam lingkungan, interaksi, manusia dalam moment, dan sebagainya.

Bukan hanya potrait dan human interest saja, jenis fotografi lainnya juga melibatkan manusia meskipun tak sefokus keduanya. Jenis fotografi keempat yaitu sport photography. Fokus utama jenis fotografi ini tentu adalah kegiatan olahraga. Tentu ada manusia di dalam fotografi jenis ini karena olahraga adalah kegiatan yang dilakukan oleh manusia. Anda bisa membuat fotografi sport misalnya dengan memotret pertandingan sepak bola, volly, basket, dan sebagainya. Selain itu, ada beberapa jenis fotografi lainnya yang juga melibatkan manusia.

Jenis fotografi yang kelima yaitu fotografi jurnalisme. Jenis fotografi yang satu ini memiliki tujuan utama untuk menyajikan foto yang memiliki nilai berita atau cerita. Misalnya foto yang menangkap sebuah kejadian di sekitar kita. Untuk memahami bagaimana fotografi jurnalism seharusnya, maka perlu untuk mempelajari apa itu nilai berita. Kejadian seperti apa yang memiliki nilai berita. Fotografi jenis ini biasanya memang digunakan untuk keperluan penayangan berita di media massa. Namun, jika Anda berminat atau berkesempatan penciptakan foto jenis ini, maka tak ada salahnya. Foto tersebut tentu akan berguna untuk berbagai hal.

Jenis fotografi yang keenam yaitu fotografi makro. Mendengar kata makro apakah yang terlintas di pikiran Anda adalah makro dalam artian besar? Jika demikian, maka tebakan Anda cukup mendekati. Memang fotografi makro identik dengan memotret objek dalam ukuran besar. Bukan objeknya yang besar karena justru objek-objek foo makro adalah objek berukuran kecil misalnya semut, katak, bunga, dan sebagainya. Yang dilakukan dalam fotografi makro adalah membuat objek kecil menjadi  nampak besar. Karena fotografi jenis ini dilakukan dengan memotret objek dalam jarak yang dekat.

Jenis yang ketujuh dan merupakan jenis fotografi terakhir yang dibahas dalam artikel ini adalah fotografi food atau makanan. Sebagai pengguna instagram, tentu Anda sudha tak asing lagi dengan foto-foto makanan. Nah, foto-foto tersebut masuk dalam jenis fotografi food. Semoga jepretan Anda makin berkualitas setelah mengetahui jenis-jenis fotografi. Mungkin, akun instagram milik Anda juga bisa dibuat semakin berkonsep dengan mengusung salah satu atau beberapa jenis fotografi sebagai feednya. Tentu akan jadi akun instagram yang menarik.

Spread the love