Hal Yang Harus Anda Pahami Sebelum Memotret Keindahan Bawah Laut Indonesia

Hal Yang Harus Anda Pahami Sebelum Memotret Keindahan Bawah Laut Indonesia

Dunia bawah laut memberikan pemandangan tersendiri yang berbeda dengan pemandangan-pemandangan yang biasanya anda lihat di atas laut seperti pantai, gunung, sungai, bangunan dan lain sebagainya. Anda dapat melihat berbagai macam biota laut mulai dari beragam jenis ikan berwarna-warni dari ukuran yang kecil hingga yang besar, karang-karang laut, kepiting, kerang, rumput laut dan lain sebagainya. Tentunya pemandangan seperti itu jarang anda temui jika anda tidak pergi menyelam ke laut. Apabila anda tertarik dengan seni fotografi bawah laut, selain anda harus belajar menyelam anda juga harus belajar caranya mengambil gambar di dalam air. Karena tentu saja mengambil gambar dalam laut memiliki tantangan tersendiri yang jauh berbeda ketika anda mengambil gambar di daratan.

Obyek Foto Yang Sangat Banyak Di Dasar Laut

Obyek foto yang bisa anda pilih juga sangat banyak, tidak hanya biota laut itu sendiri namun juga manusia yang menyelam di dalam laut. Bahkan anda dapat mengambil gambar cahaya matahari yang masuk menembus air laut. Untuk menjadi seorang fotografer bawah air, anda harus mendapatkan sertifikat menyelam, jangan sampai anda hanya sekedar menyelam tanpa mengerti hal-hal yang boleh dilakukan dan tidak boleh dilakukan sehingga dapat membahayakan diri sendiri, orang lain dan juga biota laut yang ada. Kemampuan menyelam yang pas-pasan juga membuat anda tidak dapat mengambil gambar secara maksimal di dalam air.

Obyek Foto Yang Sangat Banyak Di Dasar Laut

Kamera yang dibutuhkan untuk memotret keindahan bawah laut juga berbeda dengan biasanya. Kamera digital untuk mengambil gambar juga semakin canggih, namun tentunya kecanggihan sebuah kamera berbanding lurus dengan harga yang mahal. Setiap kamera memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Anda bisa saja menggunakan kamera yang murah namun bisa mendapatkan hasil foto yang bagus, hal tersebut tentu tergantung sebaik anda menggunakan kamera tersebut. Selain teknik pengambilan gambar, lensa kamera yang anda gunakan juga mempengaruhi hasil foto.

Pemilihan jenis lensa kamera berdasarkan jenis fotografi yang ingin anda lakukan, apakah fotografi makro atau Wide angle photography. Fotografi makro berfokus kepada obyek-obyek kecil seperti siput, kuda laut, kepiting dan lain sebagainya. Berfokus kepada satu obyek saja. sedangkan wide angle photography berfokus kepada sudut foto yang luas seperti pemandangan bawah air. Dua jenis fotografi ini membutuhkan lensa yang berbeda-beda.

Namun sebelum menentukan lensa kamera, jenis kamera dan lain sebagainya, ada beberap hal yang harus anda pahami terlebih dahulu.

  1. Pahami pencahayaan di dalam air karena cahaya di daratan dan di dalam laut berbeda. Jika anda bisa mendapatkan sudut pengambilan gambar yang tepat, anda bisa mendapatkan foto yang sangat indah dimana cahaya matahari masuk menembus hingga ke bawah laut. Suasana dalam laut yang tenang dan gelap terlihat menjadi indah saat sinar matahari menyentuh dasar laut.
  2. Hormati biota laut yang ada, jangan sampai anda melukai hewan-hewan ataupun tumbuhan laut dan jangan sampai merusak karang-karang laut. Anda menyelam hanya untuk mengabadikan pemandangan indah di dalam laut, bukan untuk merusaknya.
  3. Memahami kehidupan bawah laut akan mempermudah anda untuk mengenali perilaku biota laut. Memotret dalam laut pun menjadi lebih mudah karena anda tahu kapan waktu yang tepat untuk mengambil gambar.

Memotret Biota Laut

Anda harus belajar agar dapat lebih memahami komposisi gambar, bagaimana air laut dapat mempengaruhi warna dan juga cahaya di sekitar anda. Dengan pemahaman tersebut anda bisa menghasilkan foto terbaik.

Spread the love