Dasar-Dasar Yang Harus Diketahui Pemula Dalam Belajar Fotografi

Dasar-Dasar Yang Harus Diketahui Pemula Dalam Belajar Fotografi

Kegiatan fotografi biasanya bertujuan untuk menciptakan karya foto yang berkualitas. Namun, di luar tujuan tersebut, fotografi juga mampu untuk memberikan hiburan pada diri sendiri.

Melakukan kegiatan fotografi  bisa membuat kita senang dan fresh. Teralihkan sejenak dari kegiatan sehari-hari yang melelahkan. Apalagi jika hunting foto dilakukan ke tempat-tempat indah. Tentu akan menambah keseruan. Anda bisa memilih kegiatan fotografi untuk mengisi waktu luang, weekend atau hari libur. Nah, meski tujuan berkegiatan fotografi yang Anda lakukan adalah untuk refreshing saja, tak ada salahnya untuk mempelajari beberapa dasar fotografi. Siapa tahu justru dari keisengan kemudian menjadikan Anda fotografer profesional.

Kali ini akan diulas tentang dasar-dasar fotografi yang harus diketahui oleh pemula.

Kali ini akan diulas tentang dasar-dasar fotografi yang harus diketahui oleh pemula

  • Hal pertama yang harus diketahui dan dipahami oleh pemula sangatlah mendasar yaitu menyangkut gear (kamera) yang Anda gunakan. Sebelum mulai melakukan kegiatan fotografi, tentu Anda harus mengenali terlebih dahulu kamera yang akan Anda andalkan untuk kegiatan forografi. Maksudnya, ketahui ada tombol dan fitur apa saja di kamera milik Anda.
  • Kemudian pahami fungsi-fungsi setiap tombol. Jangan takut mencoba tombol-tombol di kamera. Anda bisa mencari tahu fungsi tombol dan fitur-fitur kamera milik Anda dengan melihatnya di internet. Ketikan merek dan jenisnya di kolom pencarian, Anda sudah bisa mendapatkan banyak informasi.
  • Setelah itu, lanjutkan ke pengetahuan paling dasar fotografi yaitu triangle exposure. Triangle exposure atau bisa disebut dengan segitiga pencahayaan adalah cara umum untuk mengasosiasikan 3 variable penting dalam menentukan pencahayaan foto. Kamera sendiri sebetulnya merupakan alat untuk menangkap cahaya. Nah, penerapan teknik triangle exposure ini akan mempengaruhi bagaimana cahaya tertangkap oleh kamera Anda, kemudian menentukan hasil foto. Tiga variable triangle exposure yaitu aperture (bukaan), shutter speed (kecepatan rana, dan ISO.

Keseimbangan Antara Triangle Exposure Sangat Diperlukan Dalam Menangkap Cahaya

Untuk menangkap cahaya dengan tepat, maka diperlukan keseimbangan antara ketiga variabel triangle exposure. Aperture pada kamera dinyatakan dengan f-number atau f-stop. Pada kamera, Anda akan menemukan simbol F, itulah tombol yang digunakan untuk mengatur aperture. Prinsip aperture yaitu semakin besar aperture maka semakin banyak cahaya yang masuk dan semakin kecil aperture maka semakin sedikit cahaya masuk. Aperture atau bukaan adalah lubang pada lensa yang mengatur sebanyak apa cahaya masuk. Selanjutnya shutter speed, yaitu terkait waktu bukaan, seberapa lama shutter terbuka terhadap cahaya. Prinsip shutter speed yaitu jika terbuka lebih lama maka semakin banyak cahaya yang masuk dan jika terbuka dan tertutup dengan cepat maka cahaya yang masuk sedikit. Salah satu contoh mudah  penerapan shutter speed misalnya  saat ini menangkap objek dengan kesan beku maka dibutuhkan shuter speed tinggi, sementara jika ingin membuat efek gerakan maka dibutuhkan shutter speed rendah. Jika Anda melihat angka seperti 1/125 dan bentuk pecahan, maka itulah tombol untuk mengatur shutter speed. Perlu diingat bahwa pengaturan antara aperture dan shutter speed saling mempengaruhi.

Variable triangle exposure yang terakhir adalah ISO. ISO yaitu level sensifitas sensor. Prinsip ISO yaitu semakin rendah maka semakin semakin kurang sensitif terhadap cahaya sehingga dapat menghasilkan gambar yang gelap, sementara makin tinggi ISO maka semakin sensitif terhadap cahaya sehingga dapat menghasilkan gambar yang lebih terang. Setelah mengetahui serta memahami kamera yang digunakan dan triangle exposure, maka jangan lupa untuk mengetahui kapan waktu yang tepat untuk melakukan kegiatan fotografi. Waktu pengambilan foto yang tepat juga berkaitan dengan kualitas cahaya yang bisa ditangkap. Anda bisa melakukan kegiatan fotografi kira-kira pada pagi harui mulai pukul 06.00 sampai 09.00 dan pukul 15.00 sampai 18.00. Itulah beberapa dasar fotografi yang perlu untuk diketahui pemula, semoga bermanfaat.

Spread the love