5 Hal Dasar Yang Wajib Diketahui Seorang Fotografer

5 hal dasar yang wajib diketahui seorang fotografer

Di zaman yang serba canggih ini dalam belajar bagian-bagian gambar digital tentu sudah menjadi hal yang biasa saja. Seperti contohnya saja, sudah banyak sekali orang-orang yang memiliki minimal 1 kamera pocket untuk mengabadikan setiap moment yang ia jalani. Meskipun foto yang diambil berada ditempat yang kurang bagus, namun bagi seorang fotografer, foto tersebut mampu dikembangkannya menjadi sebuah foto yang indah untuk dilihat di media sosial.

Namun nyatanya sebagian fotografer dasar masih belum memahami arti-arti dasar yang ada dalam seni gambar digital tersebut. Bagi yang jago mengedit saja, itu berawal dari dirinya yang memiliki modal yang cukup untuk membeli beberapa software yang tersedia di dunia Internet. Hal tersebut tentu menjadi sebuah masalah bagi parap fotografer lainnya yang sudah bertahun-tahun belajar namun mampu dikalahkan oleh fotografer pemula dengan modal software saja. Oleh karena itu, agar tidak terjadi hal-hal yang merugikan sebagian fotografer profesional, kami akan membagikan 5 hal dasar yang wajib dikethui seorang fotografer, sebagai berikut :

  1. Mode Dial
    Terdapat mode ini dalam setiap kamera, baik kamera saku maupun kamera DSLR. Biasanya mode ini akan berjalan apabila sang pengguna mengaktifkannya terlebih dahulu. Tersedia beberapa macam mode yang bisa kalian pilih sesuai dengan kondisi lingkungan. Seperti auto, manual, aperture, program dan speed priority.
  2. ISO
    Apabila pada saat hendak mengambil foto namun ternyata kondisi cahaya matahari sedang bersinar, maka pilihan yang terpat untuk melakukan pemotretan adalah dibagian ISO. Dalam penggunaanya semakin besar angka yang anda setting pada ISO maka semakin sensitive pula kamera menangkap cahaya yang terang. Namun terdapat efek dalam model ISO ini, dimana akan terdapat noise dalam foto yang diambil.
  3. DOF
    Istilah DOF bisa didefinisikan sebagai ruang yang tajam dalam sebuah foto yang telah ditangkap. Arti ruang tajam sendiri adalah bagian yang memiliki efek blur dan focus, sehingga DOF digunakan pada saat aperture dan diafragma semakin besar.
  4. Speed
    Sesuai dengan bahasanya, speed yang berartikan kecepatan tentu merupakan hal dasar yang wajib diketahui seorang fotografer. Semakin besar speed yang kita rubah maka semakin beku pula gambar yang kita tangkap. Begitu juga kebalikannya, semakin kecil speed yang kita rubah maka akan menimbulkan efek shake pada gambar.
  5. Bukaan, Aperture & Diafragma
    3 kata tersebut pasti sering terdengar ditelinga kita, istilah dasar ini lebih mengarah ke bukaan pada bagian lensa yang dimana berfungsi sebagai intensitas penangkap cahaya yang masuk kedalam kamera. Bagian ini merupakan yang terpenting dalam dunia fotografi, jadi apabila semakin besar bukaan lensa yang dilakukan makan akan semakin besar pula intensitas menangkap cahaya. Hal ini sangat berpengaruh besar dengan Depth Of Field (DOF).

Dalam belajar memang sering kali terdengar bahwa tidak ada yang instan, alangkah baiknya jika masih terdapat kesempatan untuk belajar maka usahakan semaksimal mungkin untuk mencoba memahami setiap teori yang dipraktekan. Agar hasilnya dapat berdampak besar bagi kehidupan kita sehari-hari.

Spread the love

One thought on “5 Hal Dasar Yang Wajib Diketahui Seorang Fotografer”

  1. jansenkustio says:

    kalo uda main iso” gt sih uda pro banget menurut gw. keren deh buat anak fotografer

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *